Cake umbi-umbian Percobaan 1. Carrot cake

Udah lama penasaran sama carrot cake. Tapi karena nggak punya parutan, baru beberapa hari yang lalu akhirnya bisa bikin. Beli wortel sama parutan di pasar, trus suruh embak juga parut wortelnya,hehe.

Aku pakai resep  carrot cake-nya joyofbaking.com. Pakai wortel impor biar warnanya bagus. Karena adonannya cair, waktu panggangnya jadi lumayan lama. Satu resep ini bisa aku jadiin 4 loyang brownies panggang 15x10cm.

Carrot cake by joyofbaking.com

Ingredients :
1 cup (100 grams) pecans or walnuts –>aku ga pake
3/4 pound (340 grams) raw carrots (about 2 1/2 cups finely grated)
2 cups (260 grams) all-purpose flour
1 teaspoon baking soda
1 1/2 teaspoons baking powder
1/2 teaspoon salt
1 1/2 teaspoons ground cinnamon
4 large eggs
1 1/2 cups (300 grams) granulated white sugar
1 cup (240 ml) safflower, vegetable or canola oil (or other flavorless oil) –>aku pake minyak goreng biasa
2 teaspoons pure vanilla
extract –> aku pake pasta vanila

Cream Cheese Frosting: –>aku ga bikin frostingnya

1/4 cup (57 grams) unsalted butter, room temperature
8 ounces (227 grams) cream cheese, room temperature
2 cups (230 grams) confectioners (powdered or icing) sugar, sifted
1 teaspoon (4 grams) pure vanilla extract
1 teaspoon finely grated lemon zest (outer yellow skin) (optional)

Cara membuat:
Campur terigu, baking powder, soda kue, kayu manis dan garam, sisihkan. Kocok gula, pasta vanila dan minyak goreng sampai gula larut. Masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok. Masukkan campuran tepung sambil dikocok dengan speed rendah. Masukkan wortel parut, kocok asal tercampur. Tuang di loyang (bisa loyang loaf, bronis kukus atau bronis panggang), oven dengan suhu 180°C selama kurang lebih 1 jam atau sampai matang.

image

Rasa cakenya sangat lembab karena banyak cairan. Terasa serat-serat wortelnya tapi nggak ada rasa wortel. Bagus buat pencernaan karena kaya serat, juga rendah gula karena sebagian pemanis digantikan oleh manis alami wortel. Cocok juga buat anak-anak yang ga suka makan sayur. Recommended recipe!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s