Cake umbi-umbian Percobaan 2. Beetroot cake

Setelah carrot cake, sekarang beetroot cake targetnya. Beberapa kali bikin red velvet cake, tapi nggak pernah pake bit, cuma pewarna merah. Gugling sana-sini, kebanyakan resep beetroot cake pakai cokelat masak. Curiga rasanya jadi kurang alami, aku pilih resep yang nggak pakai cokelat. Nggak ada reviewnya pula. Gambling.

Beli beetroot di Giant, ternyata harganya mahal ya,hiks. Rp 39.000 buat 400gr bit. Nggak tau soalnya di pasar depan rumah ada apa enggak. Lain kali suruh embak cari deh.

Sebenernya di resep butuh cuma 225 gram. Karena bitnya ada 3, aku pakai 2 buah yang besar, beratnya 290gr. Yang 1 buah lagi aku suruh si embak tanem, hehe, moga aja hidup.

Cara bikinnya sama kayak carrot cake, cuma aku pakai loyang loaf. Resepnya aku ambil dari web womanandhome.com.

Beetrootcake by womanandhome.com

For the cake

* 200g (7oz) plain flour
* ¾tsp baking powder
* ¾tsp bicarbonate of soda
* ¾tsp ground cinnamon
* ¼tsp fine salt
* 50g (2oz) soft dark brown sugar –>aku ganti gula palem soalnya brown sugar mahal banget,hehe
* 125g (4½oz) light muscovado sugar –> aku pakai gula pasir biasa
* 3 large eggs
* ½tsp vanilla extract –> aku pake pasta vanila
* 300ml (½pt) vegetable or sunflower oil –>aku pakai minyak goreng
* 225g (8oz) raw beetroot, peeled and coarsely grated (approximately 3 medium beetroot) –> punyaku 290gr

Cara membuat :
Sama kayak cara bikin carrot cake.

Di webnya ada resep frostingnya, tapi aku ga bikin.

Adonannya lumayan cair kayak carrot cake, tapi lebih cepet ngovennya. Warnanya cantik banget.
Aku pikir warna cakenya bakalan agak merah kayak red velvet cake, ternyata nggak sama sekali. Teksurnya sih mirip carrot cake.
image

Kalau dari hasil gugling, bit bermanfaat buat menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolestrol, membunuh sel kanker, mengatasi anemia, dan masih banyak lagi. Buat yang ga sanggup minum jus bit mentah-mentah, resep ini layak dicoba. Tapi jangan tanya ya manfaatnya masih sama atau nggak sama the real beetroot juice.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s