Candy house & jungle themed cake

Ini tahun ke-2 aku bikinin kue ulang tahun Daren. Tahun lalu mamanya minta dibikinin cake tema pesawat & permen, lengkap sama cookies bertema sama. Kue ultah dan cookies Darren yang aku buat tahun lalu bisa dilihat di sini.
Tahun ini alhamdulillah mamanya pesan lagi di Kue-Unik.com. Minta 2 kue, yang satu tema jungle lengkap sama tarzannya, yang satu lagi bentuk rumah yang dipenuhi dengan permen.
image

Jungle themed cake aku buat dari sponge cake vanilla filling selai cokelat ukuran 30×30 cm. Di cake ini aku menggabungkan fondant dengan buttercream. Pertama-tama cake dicover fondant warna putih dulu, kemudian dioles buttercream warna hijau tipis-tipis. Bagian depan aku buat semacam kolam atau rawa dari glaze yang dikasih warna hijau dan sedikit pewarna biru di tepian kolamnya.

Setelah semua figurin ditancapkan, ditambah sedikit rumput dari buttercream di beberapa bagian. Border bentuk daun dari buttercream, ini baru pertama kalinya aku bikin.

image

Kue bentuk rumah dihasilkan dari adonan cake ukuran 24 cm yang dioven di loyang 20 dan 30 cm. Cake 30cm dibagi 4, jadi ada 4 lapis cake 15x15cm. Cake yang 20cm juga dipotong jadi ukuran 15x15cm. Setelah itu ditumpuk, diisi filling dan dipoles buttercream. Ditusuk dengan 3 buah sumpit biar kokoh.

Keempat sisi samping cake dicover dengan fondant putih, per sisi agar runcing sudut-sudutnya. Atasnya ditutup dengan fondant kuning, ditutup lg dengan fondant warna ungu yang dicetak dengan cookie cutter bulat.

Bagian paling seru adalah bikin permen-permennya. Aku bikin candy cane dan beberapa bentuk marshmallow.


Tinggalkan Balasan

