Latte Art Cake

Minicake ini aku bikin udah lama, akhir tahun 2010. Pesenan seseorang untuk rekanan perusahaan tempat dia kerja. Minta cake berbentuk cangkir-cangkir kopi yang ada latte art di dalamnya. Sebagai ucapan selamat tahun baru 2011, pemesan minta di cangkir-cangkir itu ada tulisan kata-kata motivasi dan selamat tahun baru yang spesifik.

image

Waktu menyanggupi belum terpikir gimana cara bikin efek kopi di cangkir. Tapi cara bikin hurufnya udah sedikit kebayang, pakai Brigette Keiks, stamp huruf kecil-kecil yang buat di kukis.

Cupcakenya aku cetak di loyang cupcake silikon wilton, yang menurutku pas bentuknya seperti cangkir. Agak tinggi dan ukurannya mengecil ke bawah. Beda dengan loyang muffin yang diameter atas dan bawah ga terlalu jauh bedanya.

Cara mendekor latte art cupcake/minicake:
1. buat cupcake dengan loyang cupcake satuan yg alumunium atau silikon. Bisa juga pakai loyang muffin tp sebaiknya dicarving sedikit bawahnya biar kelihatan agak tinggi.
2. buat tatakan cangkir dari impraboard yang dipotong dengan diameter 8cm, lalu dicover fondan.
3. buat bagian kopi. caranya gilas fondan putih tipis aja, potong fondan dengan ring cutter bulat selebar atas cupcake. biarkan kering.
4. buat template untuk bagian krimnya dengan karton, bentuk lingkaran dan hati, gunting.
5. Letakkan template di tengah lembaran fondan putih yang udah kering tadi. Untuk membuat bagian kopi, usap bagian luar template dengan spons yang dicelup ke pewarna coklat yang dicairkan dengan sedikit air. Kalau pakai pewarna cair, tidak perlu dicairkan. Usap tipis-tipis sampai cukup coklat.
6. Saat pewarnanya masih basah, lepas template, usap-usap bagian pinggir warna coklatnya ke arah dalam dengan kuas kecil yg dibasahi sedikit air untuk membuat efek krim yang larut dalam kopi.
7. Siapkan stamp sesuai kata-kata yang diinginkan, celup ujung huruf stamp pada pewarna coklat, tempel pada tengah bagian krim. Biarkan sampai kering. Lebih cepat di ruangan ber-ac.
8. Taruh lembaran fondan yang sudah kering di atas cupcake, cover sekelilingnya dengan fondan. Buat lebih tinggi dari lembaran fondannya.
9. Buat pegangan cangkir, tempelkan dengan sedikit air. Biarkan sampai kering.
10. Taruh cangkir di atas tatakannya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s