Lomba Sempoa

Hari Minggu kemarin Sesa lomba sempoa di TangCity. Mendadak banget pemberitahuannya, ditelpon baru Sabtu siang sama admin cabangnya kalau Sesa dikirim ikut lomba.

image

Ternyata cabang tempat Sesa kursus, cabang Bintaro, juga mendadak terima pemberitahuan lombanya. Sesa cuma disuruh pakai seragam Sempoa Sip, bawa pensil sama sempoa.

image

Karena ini baru pertama kali Sesa ikut lomba di mal, aku ga kepikir kalau harus bawa meja, hiks. Mau nyari-nyari di mal udah mepet karena acara udah mau mulai. Jadinya cuma Sesa sama Radel, temennya dari cabang Bintaro yang ga pakai meja. Oalah kasian amat, nak.

image

Tapi ga lama kemudian, panitia ngasih kardus bekas ke Ms. Lia, coachnya Sesa, buat pengganti meja. Huaaaa… melaaaass…
Lomba dimulai pembacaan aturan lomba sama panitia, bahwa lomba dibagi atas beberapa sesi dan seterusnya. Untung aja Sesa ga ngerti apa yang diomongin, soalnya aku aja yang dengerin jadi deg-degan :p.

image

Sesi pertama adalah hitung-tulis, disini peserta diharuskan mengerjakan puluhan soal tertulis hanya dalam waktu 5 menit. Disini coach boleh ngawasin, tapi ga boleh membantu. Setelah waktu habis, coach langsung koreksi, tapi kalau salah koreksi, tiap soal dikurangi 2 poin. Menurut Ms. Lia, dari lima puluhan soal Sesa bisa jawab 12 soal, tapi salah 3, hehe.

image

Sesi 2 adalah dengar-hitung dan flash cards. Di dengar-hitung peserta mengerjakan soal yang dibacakan coach masing-masing tim, dengan waktu jawab maksimum adalah 1 detik per soal. Disini tiap tim diawasin oleh satu orang panitia buat lihat waktunya. Jadi kalau jawaban benar tapi waktunya lebih dari 1 detik, tetap dianggap salah. Emangnya bisa ya jawab soal terus nulis di kertas kurang dari 1 detik? *garuk-garuk kepala. Ternyata dalam waktu 10 menit, dari 20 soal Sesa bisa jawab 9 soal, tapi ga tau benar berapa karena dikoreksi panitia, bukan coach.

image

Lanjut ke flash cards, peserta harus menjawab soal yang ditulis di flash cards. Kalau sesi 1 soal digambarkan oleh manik-manik sempoa, di flash cards soal dituliskan dengan angka. Kalau yang ini aku ga tau Sesa bisa jawab berapa soal, lupa nanya Ms. Lia, hehe.
Nama-nama pemenang diumumkan sekitar 2 jam kemudian. Sesa ga menang. Sayang sekali di lomba kali ini ga ada kelas umur, jadi cuma berdasar level aja. Padahal untuk level Foundation 1 kayak Sesa, banyak peserta yang udah SD. Sedangkan Sesa baru TK A, itupun baru 3 bulan ini di level F1. Akhirnya disela-sela pembacaan nama pemenang, Sesa nangis karena ga dapat piala, hadeuh! Biarpun udah segala kata-kata penghibur diluncurkan, namanya juga anak-anak yang sedang dalam fase ‘latah banget’, ngeliat anak-anak lain pada pegang piala, Sesa bukannya diem malah tambah kenceng nangisnya T.T. Terpaksa deh buru-buru kita bawa kabur sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,hahaha.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s