Membuat Pesta Ulang Tahun Bertema Lego

Kedua anak saya pecinta lego. Juga bapaknya. Jadi kalau mau memilih tema yang akan disetujui oleh semua, pasti lego pilihannya. Bulan Pebruari, Nino, berulang tahun yang kedua. Saya berencana membuat syukuran kecil-kecilan dengan mengundang tetangga dekat, namun tetap bertema. Awalnya saya pengen membuat  semua pernak-perniknya sendiri, termasuk membuat kue ultahnya. Ternyata setelah hari H semakin dekat, karena saya juga harus menyiapkan kepindahan saya dan anak-anak menyusul suami ke Sumatera (kepindahan kami adalah 3 hari setelah pesta ultah Nino) , beberapa rencana terpaksa harus saya batalkan, dan pilihan menu saya sesuaikan untuk menghemat waktu dan tenaga, agar bisa dikerjakan oleh IRT tanpa ART ini, hihi.

Pernak-pernik yang saya buat untuk  pesta ulang tahun bertema lego adalah :

1. Membuat bingkisan kaos bergambar lego
image

Cara membuat kaos bergambar lego, saya jelaskan di sini .

2. Menyiapkan dekorasi
Untuk taplak, saya membeli kain katun warna biru tua (1 meter) dan kain katun jepang polkadot warna oranye (1/2 meter) sebagai table runner. Pinggirannya saya jahit sendiri, atau kalau tidak punya mesin jahit, dijahitkan ke tukang permak juga murah, sekitar 5-10 ribu.
Kain saya beli di toko kain online langganan, harganya murah, pelayanannya cepat (bukan iklan berbayar 😁).

Saya juga membuat banner untuk hiasan di dinding dengan mendownload dari sini. Disitu ada 35 halaman yang bisa didownload dan diprint gratis, mulai dari banner, cupcake wrappers, label makanan, bendera untuk sedotan, box permen, dll. Saya cuma ngeprint banner tulisan happy birthday dan cupcake topper aja.

Dari pengalaman membuat pesta ultah nino yang pertama, ternyata banner yang diprint di kertas hvs biasa aja tidak kalah bagus dengan yang pakai karton art paper, tapi harganya jauh lebih murah.

image
Banner happy birthday

Huruf NINO, saya download dari deliacreates dan diprint di kertas buffalo biasa. Harap maklum kalau di foto terlihat tidak rapi, karena yang menggunting dan menempel adalah Sesa 😋. Di ulang tahun Nino ini Sesa membantu menggunting semua bahan printable, juga ikut membuat kaos bingkisan.

3. Menyiapkan makanan dan alat makan
Saya membuat makanan yang mudah, tapi tetap enak dinikmati anak-anak dan mamanya. Saya memilih membuat spaghetti bolognese dan pizza dari adonan pastry. Untuk kuenya, saya memesan cupcake dan cookies lego di teman baik saya, mbak Sisil, si empunya Dapur Kenari. Makasih ya, Mbak😙.
image

Awalnya saya berencana membuat kue ulang tahun bertema lego, tapi waktu mengocok adonan, saya lupa memasukkan gula!😆 Jadilah gelas mika yang harusnya saya pakai untuk membuat jelly, saya jadikan tempat truffle. Adonan cake tanpa gula tadi saya hancurkan, tambahkan dengan simple syrup, selai strawberry buatan sendiri, dan whipped cream. Hasilnya cukup memuaskan walaupun berasal dari cake gagal😁. Minumannya, saya beli jus kemasan tetrapak besar aja biar praktis. image
Alat makannya saya pilih yang simple, piring, gelas dan sendok plastik. Gelas plastik saya beli yang warna kuning di cecefavors dan menggambarnya dengan spidol si muka lego guy. Tempat sendok dan tisu makan dibuatkan oleh Sesa dari lego.
image

4. Membuat piñata berbentuk Lego
image

Cara membuat pinata bentuk lego, saya jelaskan di sini.

5. Membuat undangan
Untuk alasan kepraktisan, saya cukup mendownload template undangan bertema lego yang ada di internet dan mencetaknya di karton art paper.
image

6. Menyiapkan tas untuk bingkisan.
Tahun lalu saya menjahit sendiri tas bingkisan ulang tahun Nino yang pertama. Untuk tahun ini, saya nyerah deh. Saya memilih pesan online saja lewat FB (namanya lupa). Saya tinggal mengirim email gambar lego yang saya inginkan untuk dicetak di paperbagnya.
image

Nah, semoga tulisan ini memberikan ide untuk membuat pesta ulang tahun anak yang tidak mahal, tetapi tetap berkesan.


6 thoughts on “Membuat Pesta Ulang Tahun Bertema Lego

Tinggalkan Balasan

