Menyimpan Sayuran Beku (Freezing Veggies)

Dulu, saya sering sekali membuang bahan masakan. Seringnya sih sayuran. Misalnya nih, saya beli bahan-bahan buat bikin sop, nah ternyata wortelnya kebanyakan sebiji, buncis juga kebanyakan, apalagi daun bawang, pasti bersisa. Nah sisa-sisa begini ini kalau disimpan di kulkas, beberapa hari kemudian pasti kalau nggak layu, busuk, atau kering karena kelupaan atau memang belum mau masak menu yang sama. Terus pas ngebuang, pasti muncul perasaan bersalah😢.

image

Sekarang, saya udah jarang banget ngebuang sayuran, sejak saya memaksimalkan freezer sebagai penyimpan sayur😁. Selain itu, meal prep ini bikin proses masak-memasak jadi lebih cepat, menghemat waktu karena nggak perlu sering-sering ke pasar /supermarket, cocok buat ibu pekerja kantoran atau ibu rumah tangga tanpa ART dengan balita seperti saya😀.

Begaimana caranya?

1. Sesuaikan kapasitas freezer

Dengan mengetahui kapasitas freezer, kita bisa memperhitungkan frekuensi belanja, misal satu minggu sekali, atau dua minggu sekali kalau freezernya besar.

2. Rencanakan menu

Saya sebenarnya juga bukan orang yang merencanakan menu harian, saya biasanya cuma mengira-ngira satu minggu kedepan mau masak apa aja. Tapi buat orang yang sangat detil, perencanaan menu bisa sangat efisien biar freezer nggak kehabisan tempat menyimpan bahan yang belum tentu akan dimasak dalam waktu dekat.

3. Sisihkan waktu

Pekerjaan meal preparation ini cukup menyita waktu, jadi sisihkan waktunya, misal hari sabtu atau minggu. Tapi kita hanya akan mengerjakannya satu atau dua kali saja dalam dua minggu.

4. Ketahui sayur yang bisa/tidak bisa dibekukan

Tidak semua sayuran beku enak dikonsumsi. Bayam, sawi, kangkung, dan sayuran berdaun hijau lain umumnya akan jadi basah dan lembek jika disimpan di freezer.

5. Blansir atau nggak?

Beberapa situs yang saya baca tentang freezing foods, menyebutkan bahwa proses blansir (blanching) pada sayuran dapat menjaga warna, mempertahankan rasa dan tekstur, juga memperlambat hilangnya vitamin. Tapi, setelah dijalani, proses blansir-memblansir ini butuh waktu yang lama, apalagi kalau sayurannya banyak. Merebus air sampai mendidih, rebus sayur sebentar (maks 3 menit), tiriskan sampai benar-benar kering, dinginkan, baru kemas sayur ke dalam kantong plastik. Alamak, keburu anak saya rewel😁.

Jadi, yang saya lakukan hanya mengupas, memotong, kemas di plastik berperekat, simpan di freezer. Cuma itu. Anak-anak masih sibuk main, pekerjaan selesai😊. Bisa juga dicuci dulu, dikeringkan baru dikemas, tapi saya lebih suka nyucinya pas mau masak aja.

Sayur apa saja yang biasanya saya simpan di freezer? Apa saja yang saya lakukan sebelum memasukkannya ke freezer?

– wortel : kupas, potong-potong. Biasanya saya bagi dua bungkus, potong dadu dan potong tipis serong.

– bawang bombay : kupas, potong-potong.
Ini juga saya bagi dua bungkus, potong kotak dan memanjang.

– brokoli : pisahkan dari kuntumnya.

– kembang kol : pisahkan dari kuntumnya.

– kacang polong/ercis : siangi.

– buncis : siangi,  potong-potong.

– jagung : pipil.

– kol : potong-potong.

– jagung muda : siangi, potong-potong.

– paprika : cuci, keringkan, potong-potong.

– cabe : utuh atau potong-potong.

– tomat : cuci, potong 4.

– daun salam/daun jeruk : utuh.

– daun bawang : cuci, keringkan, potong-potong.

– seledri :

cuci, keringkan, potong-potong.

– lengkuas/jahe : cuci, kupas, iris tipis.

– bawang merah/putih : kupas, iris tipis.

image

Tips saat mengemas, buang sebanyak – banyaknya udara di dalam plastik. Selain menghemat tempat, juga mencegah sayuran terkena freezer burn yang menjadikannya rusak. Dengan menyimpan sayuran di freezer dan menyimpan bumbu inti dan kaldu di kulkas, memasak sop atau cap cay bisa dikerjakan dalam waktu 15 menit aja lho😊. Selamat mencoba.


Tinggalkan Balasan

