Field Trip Mandiri

Saat Sesa di kelas 1 SD, di awal tahun ajaran, orang tua murid sudah diberikan jadwal field trip untuk tahun ajaran berjalan. Waktu TK, kegiatan field trip dialokasikan dua kali dalam setahun, tapi lokasinya harus dirapatkan dulu dengan komite sekolah. Biasanya lokasinya dipilih yang tidak terlalu jauh, bisa dilakukan dalam satu hari saja (pagi sampai sore), dan yang pernah Sesa datangi selama 3 tahun sekolah selalu berhubungan dengan profesi. Selama TK dan SD kelas 1 Sesa sudah pernah ke kantor pemadam kebakaran, Polair, dan bandara. Bentuknya kurang lebih sama, mendengarkan presentasi, kemudian melihat-lihat sekedarnya. Di akhir tahun ajaran sekolah, field trip biasanya lebih ke bentuk rekreasi, ke taman bermain (amusement park), atau kebun binatang. Selama tiga tahun bersekolah, Sesa berkunjung ke Kidzania, Taman Safari dan Jungle Land.

Tahun ini, berhubung sudah jadi emak homeschool, saya sendiri yang menentukan ke mana Sesa field trip, dan apa saja kegiatannya. Akhir semester lalu, kami pergi ke taman buah Mekarsari. Ini pertama kalinya Sesa kesana. Kami menginap di salah satu container hotelnya dan mengadakan pesta barbecue kecil-kecilan dengan membakar jagung, sosis dan chicken wings . Semester ini, karena kami sekarang tinggal di Batubara Sumatera Utara, saya mengajak Sesa ke kota Pematang Siantar, yang dari hasil gugling, mempunyai banyak hal yang bisa dipelajari.

image

Sebenarnya, apa saja sih yang bisa didapat saat field trip? Tugas apa saja yang bisa diberikan? Saat field trip, anak-anak bisa belajar banyak subyek, dari matematika, bahasa, seni, pengetahuan alam, sejarah, juga sosial budaya. Untuk anak yang lebih kecil (TK- kelas 3 SD), tugas saat field trip tidak perlu terlalu rumit, cukup memperbanyak diskusi saja. Saya bagi pengalaman saat Sesa field trip ke Mekarsari dan Pematang Siantar, ya.

Matematika
Sesa saya tugasi membeli tiket dengan saya dampingi. Disini Sesa belajar menghitung uang pembayaran dan uang kembalian, juga belajar mengantre. Saya juga memberi tugas untuk menggambar setengah bagian daun untuk mempelajari simetri. Sesa juga mengukur panjang dan lebar sejumlah daun tanaman buah.

Pengetahuan Alam
Sesa saya tugasi untuk mencari obyek-obyek tertentu dalam “Nature Scavenger Hunt”, seperti daun hijau, daun kering, batu, rumput, sesuatu yang kasar, sesuatu yang halus, dan lain-lain. Disini Sesa jadi lebih memperhatikan alam sekitar dan mengetahui nama-nama benda dan teksturnya. Saat ke Taman Hewan Pematang Siantar, tadinya saya juga mau memberi tugas Scavenger Hunt lagi. Tapi karena saat itu sangat ramai pengunjung hingga kurang nyaman, tugas ini saya tiadakan. Selain itu, di kebun binatang kita bisa membuat permainan “Animals Hunt” atau “Spy Me” , yang bentuknya adalah anak-anak memberi tanda centang pada gambar binatang saat menemukannya.
image

image

Sejarah dan Sosial Budaya
Dari museum Simalungun Sesa mengetahui tentang sejarah Simalungun dan budaya pada masa itu. Di vihara Avalokitesvara Sesa belajar untuk menghormati tempat ibadah lain, sopan santun, juga tentang toleransi beragama.

Seni
Di Mekarsari, Sesa membuat sketsa daun yang menurutnya menarik, juga membuat leaf printing. Di Taman Hewan Pematang Siantar, binatang – binatang yang menarik perhatiannya diabadikannya lewat foto.

Bahasa
Sepulang dari Pematang Siantar, Sesa saya tugasi membuat field trip report, yang formatnya saya download gratis dari internet. Sesa mengisinya dengan foto-foto dan menceritakan apa saja yang dia lihat saat field trip, dan apa yang menurutnya menarik. Tapi saat sudah jadi, saya kaget karena ternyata tulisannya dalam bahasa Inggris, padahal saya belum pernah memberi tugas menulis bahasa Inggris sebelumnya.

image

image

image

Field trip mandiri bisa juga dilakukan oleh anak-anak yang bersekolah, tidak hanya anak-anak homeschool. Selain menjadi tempat belajar yang menyenangkan di luar kelas, field trip mandiri juga bisa mendekatkan hubungan antar anggota keluarga.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s